5 Tips Sukses Dalam Mengelola Bisnis Wedding Organizer Atau Wo

 Tips Sukses Dalam Mengelola Bisnis Wedding Organizer atau WO 5 Tips Sukses Dalam Mengelola Bisnis Wedding Organizer atau WO

5 Tips Sukses Dalam Mengelola Bisnis Wedding Organizer atau WO|Mengelola bisnis wedding organizer atau WO di Indonesia merupakan peluang besar yang sangat menjanjikan. Sebab, ijab kabul akan terus berlangsung bagi pasangan yang sedang merencanakan pernikahan.  Pastinya setiap pasagan menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang terindah dalam hidupnya. Momen berkesan ini juga sangat besar nilai kebahagiannya bagi orang tua, saudara, dan kerabat bersahabat lainnya.

Di situlah WO mengambil kiprahnya dalam membantu setiap calon pengantin untuk merencanakan pesta ijab kabul mulai dari dekorasi, katering, make up pengantin, fotografi, video dan sebagainya. Selain itu, WO juga membantu setiap pasangan untuk mewujudkan pesta pernikahannya sesuai dengan konsep yang diinginkan, baik tradisional sampai international atau sederhana sampai glamor sekalipun.

Walau menjalankan WO ini membutuhkan kerja keras dan butuh banyak waktu untuk mencapai kesuksesan, tapi bisnis WO sanggup dilakukan dengan fleksibel. Artinya sanggup dilakukan di rumah dan pastinya akan mendatangkan omzet yang sangat besar.

Bagi Anda yang sudah mempunyai ilmu dasar pengorganisasian atau pengalaman pernah bergabung di event organizer lainnya, tak ada salahnya mencoba bisnis ini. Agar bisnis WO sanggup berjalan dengan lancar dan mencapai kesuksesan, simak lima tips berikut ini!

1. Tentukan Target Pasar

Apapun jenis bisnis yang dijalankan pastinya mempunyai sasaran yang dijadikan sebagai sasaran konsumen, ini juga berlaku pada bisnis WO. Menentukan sasaran pasar dengan tepat merupakan hal pertama yang harus dilakukan, apakah masyarakat kalangan menengah saja, menengah ke atas atau kalangan atas saja.

Hasil keputusannya nanti tentunya akan memudahkan Anda dalam melaksanakan perencanaan bisnis selanjutnya menyerupai perancangan keuangan, konsep sampai proses marketing.

2. Bentuk Tim yang Kuat

Namanya organizer pastinya tidak dikerjakan sendiri, alasannya yaitu akan banyak kiprah yang harus diselesaikan dengan cepat. Maka sangat diharapkan adanya tim yang mau bekerja sama untuk mencapai kesuksesan di bisnis WO yang dijalankan.

Tidak perlu banyak orang, cukup rekrut orang sesuai dengan yang dibutuhkan saja. Misalnya saja pecahan dekorasi, marketing, keuangan dan sebagainya. Temukan orang yang bener-bener memahami jobdescnya, supaya lebih gampang ketika sedang mengarahkan orang tersebut.

Bila suatu ketika nanti Anda sangat membutuhkan orang-orang perhiasan untuk membantu menuntaskan projek, memanfaatkan pekerja lepas sanggup menjadi solusi yang tepat

3. Ajak Kerja Sama dengan Banyak Partner

Pada umumnya, WO yang gres bangkit akan melibatkan banyak pihak dari luar yang akan melengkapi kebutuhan WO, menyerupai kawan katering, tata rias, busana pengantin, dokumentasi foto dan video, hiburan, toko bunga, aula resepsi dan sebagainya. Bila ini dikerjakan sendiri bersama tim tentunya sangat sulit dilakukan.

Maka, sangat perlu menjalin kolaborasi dengan banyak kawan atau partner dengan baik. Hal ini tentu akan memudahkan dalam menjalankan bisnis WO tersebut, termasuk dalam memilih kosep yang sesuai dengan budget ijab kabul calon pengantin.

4. Buat Paketan Konsep yang Menarik

Tak sanggup dipungkiri, persaingan dalam bisnis tidak akan pernah ada habisnya. Setiap bisnis pastinya mempunyai kompetitor yang bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Dalam hal ini, menyuguhkan penawaran paketan konsep yang menarik sanggup menjadi solusi yang tepat.  

Caranya, Anda hanya tinggal mengikuti tren pasar terkini mulai dari yang tradisional sampai modern. Kemudian, itu sanggup dijadikan sebagai materi untuk berinovasi dengan mengkobinasikan unsur lain. Misalnya, moral tradisional tapi disuguhkan dengan konsep glamor mulai dari dekorasi, menghidangkan menu-menu yang bervariasi antara tradisional dan modern dan sebagainya. Pastikan, setiap paketan konsep yang ditawarkan juga mempunyai harga yang sesuai dengan sasaran pasar.

5. Promosikan secara Offline dan Online

Setiap pebisnis pastinya menginginkan bisnisnya dikenal banyak orang dan mendapatkan banyak pelanggan. Untuk itu, Anda harus melaksanakan promosi dengan banyak sekali macam cara baik offline maupun online.

Promosi secara offline biasanya memakai brosur atau pamphlet yang dibagi-bagikan ke banyak orang. Selain itu, juga sanggup memanfaatkan event-event tertentu untuk membuka stand promosi WO milik Anda. Sementara online, manfaatkan sosial media menyerupai facebook, twitter, Instagram, dan youtube dengan maksimal.

Agar kedua cara promosi yang dilakukan lebih menarik, buatlah desain yang menarik pada pamphlet/brosur atau postingan dan sertakan juga beberapa foto dari pola ijab kabul yang pernah dibentuk sebelumnya sebagai portfolio. Jangan lupa juga sekali-kali berikan harga khusus menyerupai diskon atau potongan harga di momen tertentu.

Berikan Pelayanan yang Terbaik

Percuma saja bila semua planning yang Anda lakukan sudah tersusun dengan tepat tapi tidak memperlihatkan pelayanan yang terbaik. Ini tentunya akan menciptakan pelanggan menjauh dari WO Anda.

Layanilah konsumen dengan sebaik mungkin mulai dari mendengarkan keinginannya, ketika bernegoisasi sampai memperlihatkan solusi yang terbaik supaya konsumen gampang memilih konsep ijab kabul sesuai dengan budget. Hal ini niscaya akan menciptakan konsumen merasa puas.

Menyoal modal awal, tolong-menolong bisnis WO ini tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab, pada umumnya WO akan mendapatkan DP awal atau pembayaran dimuka sekian persen dari total keseluruhan dari konsumen. Nah, dari uang tersebut sanggup dialokasikan ke beberapa bagian. Namun, bila diperlukannya modal, Anda sanggup memanfaatkan santunan tanpa agunan atau KTA. Dengan begitu, sanggup menunjang bisnis WO Anda menjadi lebih baik.

Sumber https://pergiberbisnis.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Add your comment